Risiko Tertular Kutu

Kelihatannya”‘sepele”, tapi masalah kutu rambut sering kali menyerang anak-anak. Darimana munculnya dan bagaimana mengatasinya?  Lalu, dari mana datangnya kutu rambut? Kutu bisa jadi ditularkan pada waktu rambut anak berkontak secara langsung dan lama dengan rambut milik anak yang waktu itu sedang terinfeksi kutu rambut. Walaupun kutu tak bisa terbang maupun melompat, penyebarannya bisa saja melalui kontak dengan pakaian, sisir rambut, topi, seprai, sikat, yang terkontaminasi oleh kutu bahkan telur yang berjatuhan dari rambut.

Baca juga : Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

Jadi, yang berisiko memperoleh gangguan kutu rambut ialah anak-anak yang telah kontak cukup dekat dan lama pada komunitas yang rapat dengan anak telah terinfeksi. Misal, di tempat penitipan anak, taman bermain, sekolah, dan lain sebagainya. Bila buah hati terinfeksi kutu rambut, biasanya ia akan mengeluh gatal di sekitar rambut, terutama dirasakan di bagian belakang kepala dan leher. Tapi tak semua gatal pada rambut itu artinya si anak terinfeksi kutu.

Periksalah dulu kepalanya untuk memastikan itu bukan ketombe atau pun alergi karena sampo, umpamanya. Kelihatannya”‘sepele”, tapi masalah kutu rambut sering kali menyerang anak-anak. Darimana munculnya dan bagaimana meng atasinya? Oleh: Hilman Hilmansyah Langkah pertama, dudukkan anak di tempat yang pencahayaannya cukup terang. Kemudian satu demi satu pilah rambut anak hingga pada bagian kulit kepala.

Telur akan nampak seperti butiran putih kecil dengan berukuran seperti setengah biji wijen. Telur ini memang sekilas mirip sekali dengan ketombe atau kotoran di kepala. Cara membedakannya, ambil beberapa helai rambutnya, kibaskan. Bila memang ketombe maupun kotoran, maka dua benda ini akan cukup mudah untuk lepas. Beda lagi dengan telur kutu yang melekat erat pada helai rambut walau telah dikibaskan maka tetap akan susah dilepaskan.

Kalau memang ada kutu, cara melepaskannya hanya memakai sisir rambut dengan bergigi rapat. Siapkan sisir rambut yang dapat dibeli dari apotek atau toko tradisional, kemudian basahilah rambut anak. Bagilah rambut kepala anak sehingga menjadi beberapa bagian agar mempermudah dalam area pencarian. Sisirlah dengan cara sedikit demi sedikit, dari arah akar rambut menuju ke ujung rambut untuk mendorong keluar telur kutu. Bersihkan sisir menggunakan handuk basah setiap kali Mama telah selesai membersihkan satu bagian rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *