Mengenal Sejarah Perkembangan Internet di Dunia

Internet merupakan hasil kerja keras dari puluhan ilmuwan, programer dan teknisi yang bekerja sama untuk menemukan perubahan baru dari teknologi. Salah satu ilmuwan yang pernah memprediksi munculnya informasi yang bisa didapatkan di seluruh dunia adalah Nikola Tesla. Ide mengenai ‘world wireless system’ telah muncul pada tahun 1900 an telah ia kemukakan.

Ide tersebut kemudian dikembangkan oleh Paul Otlet dan Vannevar Brush yang berhasil menciptakan sistem mekanis. Juga menciptakan sistem pencarian yang mudah dalam buku serta media pada tahun 1930 dan 1940. Perkembangan internet sangat besar setelah tahun tersebut dimana pemerintah Amerika menggunakannya dalam militer.

Peranan internet dalam militer adalah untuk memberikan data yang luas dan mudah diakses seperti sekarang ini. Sistem internet sendiri berasal dari Semi Automatic Ground Environment (SAGE) yang juga dimiliki militer pemerintah Amerika. Pemimpin dalam SAGE adalah J.C.R Licklider yang memiliki visi networking secara universal untuk mempersatukan umat manusia.

Baca Juga:  Apa Itu Ausbilding Jerman

Pada tahun 1958, pemerintah Amerika menciptakan Advance research Project Agency yang kini memiliki peranan besar dengan ARPANet. Program yang diciptakan ini juga dalam rangka menjadi negara yang memimpin perkembangan teknologi untuk bersaing dengan Uni Soviet yang menciptakan SPutnik. ARPANet sendiri digunakan untuk menyatukan banyak komputer agar bisa dapat digunakan sebagai alat komunikasi tunggal.

Teknologi terus berkembang dan pada tahun 1961. Lenoard Kleinrock menulis teses tengang ‘Information Flow in Large Communication Nets’ yang akhirnya menjadi langkah awal berkembangnya internet secara luas. Teknologi sendiri terus berkembang hingga tahun 1970 oleh ilmuwan Robert Kahn dan Vinton Cerf.

Mereka menciptakan Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/ IP). Model komunikasi yang mereka ciptakan ini membuat data dapat dikirim melalui beberapa network. Pada tanggal 1 Januari tahun 1983 ARPANet mengadopsi sistem TCP/ IP tersebut dan banyak ilmuwan mulai bekerja untuk menciptakan ‘network to network’.

Sebelumnya pada tahun 1971 virus komputer pertama kali yang disebut Creeper menginfeksi ARPANet. Hal ini ditulis oleh programer BBN yaitu Robert Thomas yang sedang melakukan eksperimen software yang dapat melakukan scan sendiri. Istilah ‘internet’ muncul pada tahun 1974 ketika TCP/ IP mulai diterapkan. Mulai dari sinilah ARPANet berkembang dengan cepat dan digunakan di berbagai universitas sambil terus dikembangkan oleh para ilmuwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *