Inilah Tata Cara Ausbildung Di Jerman Yang Patut Diketahui

Ausbildung di Jerman, saat memang sedang menjadi incaran terutama orang Indonesia. Ausbildung ini merupakan suatu Program Pendidikan dan Pelatihan Profesi, yang mana lamanya adalah tiga tahun. 

Jadi dalam kurun waktu tiga tahun tersebut, mereka harus belajar Ausbildung dulu agar bisa memiliki keahlian standar Jerman. Jika sudah lulus dari program tersebut, barulah bisa bekerja di Jerman.

Bidang Ausbildung di Jerman sendiri cukuplah banyak, diantaranya yaitu perawat, pramuniaga, tenaga hotel, chef dan masih banyak lagi. 

Nah, kenapa Ausbildung di Jerman 2021 ini semakin meningkat? Hal itu dikarenakan kebanyakan dari orang Eropa dan Jerman banyak yang tidak tertarik untuk mengisi kekosongan profesi-profesi tersebut.

Namun untuk dapat berkesempatan bekerja di Jerman tidak segampang itu. Yang disebabkan karena pendidikan yang tidak sebanding itulah diperlukannya pengalaman Ausbildung di Jerman.

Persyaratan Ausbildung Di Jerman

Untuk mendaftar Ausbildung di Jerman, ada persyaratan yang harus dipenuhi para pelamar. Syarat tersebut diantaranya,

  1. Persiapkan Dokumen Pendukung

Sebelum merencanakan bagaimana untuk berangkat Ausbildung di Jerman, Anda harus menyiapkan berkas-berkas pendukung. Berkas tersebut meliputi ijazah terakhir beserta transkrip nilai dan sertifikat Bahasa Jerman level B1 atau B2.

Selain itu Anda harus membuat motivation letter dan juga curriculum vitae seperti ketika melamar pekerjaan pada umumnya.

Baca Juga: Apa itu Ausbildung Jerman

  1. Lulus Interview

Jika lulus interview nantinya Anda bisa tanda tangan kontrak, kemudian pengurusan tempat tinggal di Jerman. Untuk itu selanjutnya bisa melanjutkan mengurus Visa dan membeli tiket pesawat.

  1. Mengikuti Workshop

Sebelum berangkat untuk Ausbildung, Anda juga harus mengikuti pelatihan berupa workshop pelatihan Bahasa Jerman. 

Dalam pelatihan tersebut akan diajarkan bagaimana untuk mengenal lebih dalam tentang kehidupan maupun pekerjaan yang ada di Jerman.

Bukan itu saja Anda juga akan diajarkan kebudayaan-kebudayaan Jerman. Agar nantinya dapat beradaptasi dengan baik di negara tersebut.

  1. Mengikuti Program Lanjutan

Apabila syarat dasar di atas sudah dipenuhi, maka Anda bisa segera mendaftarkan Ausbildung ke Jerman. Saat menjalani program Ausbildung ini, Anda sudah mendapatkan gaji. 

Gaji Ausbildung di Jerman juga terbilang cukup besar, tergantung profesi apa yang akan dimasuki. Gaji paling tinggi dimiliki oleh perawat, jika dirupiahkan bisa mencapai dua puluh juta rupiah. 

Namun untuk jenis profesi yang lain berkisar di angka lima belasan juta rupiah.  Jika sudah magang gaji yang diterima akan berubah dan disesuaikan lagi dengan kemampuan.

Nantinya jika sudah lulus dan diterima sebagai profesi tersebut di tempat kerja, maka gaji yang akan diterima tentu akan meningkat lagi. 

Plusnya lagi adalah jika mendapat pengakuan untuk bekerja di Jerman, Anda dapat bekerja di Jerman hingga pensiun. Selain itu Anda bisa tinggal di negara tersebut hingga kapanpun. 

Bagaimana tertarik untuk menjadi Ausbildung di Jerman? Persiapkan diri sekarang juga dengan mengikuti kursus bahasa Jerman di tempat yang terpercaya. Semoga berhasil dan lolos seleksi mengikuti program ini ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *